Don't Make Me Hate To Draw

Akhir-akhir ini gue sama sekali ga punya semangat untuk nulis. Itu kenapa blog ini terlantar sekian lama dan terabaikan bagai toilet rusak. Dan, itu juga kenapa beberapa postingan kebelakang, gue lebih milih posting artwork.

Namun ternyata, pasca artwork 'A Little Girl', ketenangan gue terenggut pelan-pelan.
Setiap mahkluk hidup dalam hidup gue dengan membabi buta dan tak berperi kemanusiaan meminta gue melakukan hal yang sama dengan wajah mereka.


Seharusnya mereka tau, –bagi gue– proses menggambar ga segampang dan se-simpel itu. *Well, beda dengan yang udah pro.
Apalagi gue ini ‘menganut’ gaya realistis. 

Mau gak mau, itu membuat gue harus mengubur waktu santai gue–yang susah banget gue dapetin karena kuliah; gue harus bungkukin badan gue kayak udang untuk beberapa jam; gue juga harus menunda main game; gue harus mengabaikan tugas di kampus; dan bahkan menelantarkan segenap stok film bajakan di laptop.

See! Gak gampang kan? Untuk seorang gue, menggambar itu prosedurnya ribet banget ._.
Apalagi karena gue ini ganteng.
 *hubungannya?*

.....

*ehm*

Iya, gue emang suka menggambar. Tapi gue benci kalo menggambarnya diminta atau dipaksa, oleh siapapun itu.
 “Ah, kita kan temen”
 Justru karena lo temen gue... Harusnya lo yang paling ngerti.

Lain cerita kalo menggambar udah jadi profesi gue, itu beda. Profesi menuntut profesionalitas. Sedangkan hobby cuma melibatkan perasaan, butuh mood!

"Wait...Profesionalitas? Jadi lo minta dibayar?"

Oh, tidak...gue ga minta bayaran juga. LO KIRA GUE COWOK APAAN?!
Gue cuma minta pengertian bahwa gue ini bukan...budak.

Seni bagi gue adalah sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan. Apalagi di waktu galau.

Liat Lonely Owl atau Turtle Can't Fly, gue buat itu waktu lagi galau.

Terus yang A Little Girl? Anak itu juga buat gue galau, dia ga pernah mau gue gendong.
Mungkin anak seumuran dia udah cukup pinter bedain mana yang udah mandi dan mana yang belom.

Gue cuma mau gambar apa yang mau gue gambar. Objeknya terserah gue, kalo menurut gue menarik ya gue gambar. 

Biasanya objeknya yang gue gambar itu adalah yang pernah terlibat secara emosional dalam hidup gue, dan ITU JUGA KALO LAGI MOOD.

Jadi, anggap aja...MEMINTA gue untuk menggambarkan wajah lo itu adalah hal yang tabu. Ini juga berlaku dalam mengedit foto!


"gambarin gue"

"gambarin pacar gue"
"editin foto gue"

Please, guys...stop it!
Sumpah, gue capek dianggap TUKANG gambar. Gue capek dianggap TUKANG ngedit foto.
 

JUST LET ME DRAW WHAT I WANT TO DRAW!!



“Bangke lo, baru segitu aja sombong! Nih, makan upil gue!”

Apa yang harus gue sombongin coba?
Banyak yang jelas-jelas jauh lebih jago dari gue. Gue masih amatiran. Justru karena gue amatiran, gue butuh mood yang bagus dulu supaya gambarnya bagus.

Kalo banyak orang yang kecewa karena gue tolak request-nya, atau sikap gue itu dianggap sebagai bentuk ketidak-bersyukuran gue terhadap anugerah yang diberikan Tuhan, gue rela kalo bakat ngegambar gue diambil balik dan hilang selama-lamanya. GUE CAPEK.

***

Well, mungkin tulisan ini belum mewakil semua perasaan gue, tapi lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali.

Kenapa gue angkat ini ke blog? Karena gue terlahir sebagai manusia yang susah mengatakan ‘tidak’ 
dammit -_______-"

NB : Kalo ada orang yang mau gue gambar tanpa diminta, somehow...dia punya tempat spesial di hati gue.
#kode #KODE #KODE! #K.O.D.E



.



30 comments:

Stevanus 11/08/2011 8:10 PM  

Gue juga anti banget sama yang namanya pesenan gambar. Walau nanti gambarnya lumayan, gue ga puas kalo gue ga seneng ngerjainnya. :/

nangis bareng yuk /ditendang/

Fathan Gaffurie 11/08/2011 8:17 PM  

yeah, itu kenapa gw ga pernah majang karya gw XD
cukup jadi rahasia diri
tapi kalo untuk lo bang.. terlambat
yang bisa dilakuin cuma ngomong langsung ama orangnya bang

kalo dibikinin entri gini ntar malah jadi ga enak hati, malah bilang sombong
#sok bijak *kabur*

Rusydinat 11/08/2011 8:20 PM  

setuju sama statement terakhir kaka "gak bisa mengatakan tidak"
gue banget rasanya -_-
dan itu GAK GAK GAK ENAAAAAK!

Symphony of Elegy 11/08/2011 8:22 PM  

sama'an bang nasibnya, -,- saya juga malas kalau dapet job yang marasitin saya awrkk

beby 11/08/2011 8:27 PM  

yaah.. mo bgimana lagi? artwork lu emang keren2. ampe speeshless gue :O

orang2 yang maksa lu tuh ga ngerti kali ya susahnya nggambar ckckck..

RIRIZ 11/08/2011 8:30 PM  

aku setuju sama kalimat terakhir itu.. dan setuju juga sama NBnya huahahaha :P

Zazuli 11/08/2011 8:32 PM  

@Stevanus
Yup. Soulnya ga dapet :)

yuk, nangis bareng...
*berlari ke pelukan Stevanus dgn gemulai*

@Fathan
Iya sih, udah telat --"

Sebenernya tulisan ini udah lama mau gue posting, tapi baru kemaren bisa gue matengin.
Soalnya gue harus menyusun segenap uneg-uneg gue, terus di padatin.
Itu susah banget

@Rusydina
Ada obatnya ga ya --a

@Andaka
Iya, kadang perhargaannya ga setimpal dengan 'perjuangan' kita waktu gambarin itu

Mukminin Sajalah 11/08/2011 8:36 PM  

yoi masbro, gua juga suka gambar dan suka dapet request kayak lo gitu. yah kadang gua ga kerjain klo gua ga mood. nanti takut hasilnya ngecewain...

Zazuli 11/08/2011 8:37 PM  

@beby
nah itu dia makanya gue tulis ini.
Menggambar juga capek... :|

dan, menggambar itu belum jadi profesi gue, jadi suka-suka gue mau nulis apa

@Ririz
o.o
itu maksudnya apa?
Lo tau tentang itu? ._.

Zazuli 11/08/2011 8:42 PM  

@Mukminin
Jadi serba salah yah.
Kalo kita tolak, takut ngecewain yang request. Kalo kita gambarin, hasilnya yg ngecewain.
Buatnya setengah hati sih --"

Ikbal Rizki 11/08/2011 9:56 PM  

ummmmmm.... Di paksa itu emank ngga enak....

yang peting trus berkarya jazz... Artwork situ memang bagus-bagus.... hehe

AJe 11/08/2011 10:17 PM  

berarti harus belajar bilang "tidak"

Saputra Fijai 11/08/2011 10:19 PM  

wah, masalahnya orang yang jago gambar, terjebak di situasi yang serba salah. Hmmm, coba deh ikutin sarannya Radith yang pura-pura mati, haha (solusi yang nggak bener)
But, thanks a lot atas artwork lu yang sekarang jadi banner di Blogger Dreamer :D

Pipit Sunny 11/09/2011 10:38 AM  

Begitulah :3 saya juga merasakan hal yang sama, its ok kalau dia bilang "gambarin gue dong" asal jangan maksa, yg keselny kalau tiap saat atau tiap ketemu ditanyain mulu -_-, emang cuma sim salabim apa . .

kalau ada yg minta saya sih cuma bisa bilang insyaAllah, yah mungkin suatu saat nanti kalau saya punya inspirasi mau menggambar dia , ya saya gambar, kalau gak semoga yg minta digambarin ngerti :)

selama ini saya bilangnya "kalau ada inspirasi ya, soalnya kalau jadinya asalan juga pasti kamunya gak mau kan?"

Alhamdulillah pada mau ngerti :)

tommy 11/09/2011 11:48 AM  

gue suka banget kata kata
"gue cuma mau gambar apa yang mau gue gambar"

tetep semangat bang buat gambar, bener banget gambar itu butuh waktu yang luang, ga bisa sekejap mata *emangnya pesulap* hahaha

Cacing Monsters 11/09/2011 2:15 PM  

nggak bisa ngatain tidak itu seperti lg nahan pup *hubungannya apa* *plakkk

Xinnosuke 11/09/2011 3:22 PM  

(sama gan, ane juga sering diminta gambarin sama temen, in sekarang ane di tagih2)

Dunia Feby Andriawan 11/10/2011 1:36 AM  

Gambar lo emang keren sob, gambarin upil gue donk.. :D
Tapi emang bener, seni butuh mood, tanpa lo sadari, kata2 lo itu menunjukkan kalo lo seniman sejati. Wuis, mantap gak tuh kata-kata gue.. :D

rana musika 11/10/2011 5:19 AM  

aaaa finally kamu keluar dari gua :D


ehm


yang dapet kode itu siapa ya? tetangga sebelah? temen kampus? tukang ojek? :D :D

Zazuli 11/10/2011 11:16 AM  

@Ikbal Rizki, Aje, tommy
iya, hehe...thanks bro

@Saputra Fijai
siip...tapi serius, yg banner BD gue beneran ikhlas buatnya :)

@PIPIT SUNNY
wah, boleh nih dicoba caranya :)

@Cacing Monsters
haha...ya, kurang lebih begitulah analoginya

@M. Nasihin
(kita senasib ya...hah)
*ikut-ikutan pake tanda kurung*

@Feby
wah...seniman sejati. Jangan-jangan memang itu kenapa gue males mandi :D

@Mbak Rana
duh...si Mbak ini
itu rahasia mbak..biar aku, dia, dan Tuhan yang tau :p

Mochammad Nasrulloh 11/12/2011 12:38 PM  

TIDAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK

gak tau tuh kata" apaan biarin aja

bener sih, gak bole diperbudak itu, namanya juga seniman, tapi gambarin kolor gua boleh kan. #sudjud"

oke wel ini pertama kali hijrah, sekalian follow yak bang zazuli

Irvina Lioni 11/12/2011 2:50 PM  

kalo gue sih ga pernah maksa minta orang buat gambarin, apalagi dengan melakukan syarat2, misal "eh gambarin gue dong, pake kacamata ini trus ada ini blablabla" #uhuk #nyindir

maksa orang buat ngegambar cuma kalo ada perlunya aja, waktu minta desain kaos KK ke yulian hihihi, tp itu juga akhirnya gue kasi merchandise sbg ucapan makasih :D *tau diri*

emang paling enak melakukan sesuatu yg dari hati bukan dr suruhan hehe

Unknown 11/13/2011 1:35 PM  

gambar itu berasal dari inspirasi..bukan kemauan orang...menggambar lah apa yang mau kau gambar :)

veejay 11/14/2011 6:58 PM  

Berarti lu orang baik... hehe

Zazuli 11/14/2011 8:51 PM  

@naspard
oke..sering-sering hijrah di sini hahah :D

@kak vina
yup. Yang lahir dari hati emang bakal lebih indah :)

@mamad
iya. I draw what i love, i love what i draw :)

@veejay
iya? kenapa? amin deh kalo gitu :D

Delllana 11/15/2011 4:16 PM  

haha kadang suka bete sih kalo diminta ngegambarin..
mau bilang nggak, ga enak, soalnya kenal.
mau bilang "okedeh gue gambarin" tapi kerjaan lagi banyak dan mukanya ga mood buat digambar-__-v apalagi kelas 12 tugasnya makalah semua T_T

tapiiii...ngegambarin orang nggak ada salahnya juga sih ya ahaha... itung itung latihan..
tapi yang lebih bikin bete kalo gambarnya "abis minta gambar - yaudah - gitu aja- ga ada penghargaannya - minimal pamerin temen kek - puji kek- #mauan"

-__-

Delllana 11/15/2011 4:17 PM  

maap dopost

komennya ka Irvina sadeeesss.. wkwkwkw
#uhukuhuk

Anonymous 12/30/2011 1:12 PM  

bener bangeeeet.. apalagi kalo ditanya kuliah jurusan apa terus bilang kuliah di jurusan Desain.

Orang-orang awam tuh langsung mikir disangkanya jago gambar dan ada aja yang minta gambarin wajah. padahal kan meski gambar itu bagian dari kerjaan kita, tapi peliiiis GAMBARIN WAJAH itu sih kerjaan karikaturis kali yaaa.. haha..

tapi tetep semangat gambar bang. gambarnya keren-keren!!

Zazuli 1/05/2012 9:08 PM  

thanks sob:)

MOE 10/26/2016 2:04 AM  
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

About Me

My Photo
Zazuli
Banda Aceh, NAD, Indonesia
Salah satu spesies dominan otak kanan yang sedang berkuliah di jurusan yang salah, Teknik Sipil. Hobby begadang, punya ingatan yg buruk, melankolis, punya ketertarikan berlebihan terhadap musik akustik, dan benci matematika. Mencintai segala sesuatu yg berbau seni (ingat, 'yang berbau seni'. Bukan 'seni yang berbau'. Kalo itu air seni). dan... itu bener-bener ga ada hubungannya dengan kenapa gue males mandi.
View my complete profile
Powered by Blogger.