Artwork : Share me your colours!




Setelah beberapa bulan mengabdi berkarya untuk orang lain (baca : jadi buruh), akhirnya gue bisa mengekspresikan karya yang bener-bener emang dari keinginan gue sendiri. Ini kenapa gue suka liburan. Jauh dari perbudakan dunia sosial. F*ck yeah.


Seperti biasa, ini gue bikin pake Wacom + Photoshop selama...entahlah. Kalo ditotalin 3 hari gitu. Tapi itu udah masuk waktu gue tidur, boker, ngopi, dan lain-lain.

Oh ya, perlu digarisbawahi, ini gue gambar berdasarkan fotonya orang lain. Jadi, konsepnya ga original dari gue. Gue cuma ngegambar ulang doang. Mau minta izin sama si fotografernya, sayangnya gue gatau cara ngontaknya. Tapi gue udah minta izin sama modelnya kok. Model yang ada difoto itu temen gue, Yeny

dan...beneran, cuma temen!


Well...Dulu gue pernah bilang sih emang, kalo ada orang yang mau gue gambar tanpa diminta, somehow dia punya tempat spesial di hati gue. Tapi yang ini lain cerita, gue gambar ini karena gue suka komposisinya. Ingat, kom-po-si-si-nya! Bukan modelnya. Next artworks gue bahkan kemungkinan bakal gambar seleb atau para fashion blogger yang namanya udah beken ((anyway, ada rekomendasi?)).

Jadi... jangan salah paham begitu. Serius, dia bukan siapa-siapa. Kalo yang siapa-siapanya gue itu ga pake 'Y'. Tapi pake huruf lain.
*uhuk uhuk*
Panadol mana panadol.


Balik ke permasalahan awal. 
Pas gue tanya ke Yenny kontak fotografernya, dia bilang "Gapapa, izinnya dari gue aja, kalo ada apa-apa gue yang tanggung jawab" #okesip
Tapi biarpun begitu, kalo ada yang punya kontak fotografernya, silahkan komen.


Bagi yang mau liat prosesnya, silahkan diintip :

Intipin saya om, intip:

1. Seperti biasa, sketsa dulu. Menggambar tanpa sketsa kayak nembak cewek tanpa PDKT, atau kayak mau ngerampok Bank tanpa persiapan. Bisa aja sih, tapi kemungkinan rencana lo bakalan berantakan akan sangat besar.



2. Gue warnainnya hitam putih dulu. Dengan metode grayscale ini, kita jadi bisa lebih fokus ke value/shadingnya tanpa harus ambil pusing sama warnanya dulu. Btw, ini kali pertama gue coba metode ini. #telat #ketinggalanjaman #norak #gakupdate #kurangpergaulan






3.  Di tahap ini, shadingnya udah gue perbaiki sedikit, dan udah gue bikin balon juga pake Pen Tool. Semoga ntar ga ada yang pecahin tuh balon pake pentul. *BA DUM TSSS*





4.  Disini shadingnya udah lebih bagus ketimbang sebelumnya. Mulai dari rambutnya, mukanya, dan lain-lain. Balonnya juga udah gak flat lagi. Tali beha  untuk balonnya juga udah ada.





5.  Untuk ngewarnainya, tinggal pilih warna yang kita mau. Gue ga pake Brush atau Paint Bucket, tapi Solid Color. Terus ganti blending mode nya jadi overlay atau softlight, atau yang mana yang cocok deh. Terus pake masking tool > invert (ctrl+I), baru reveal bagian yang mau diwarnai pake Brush. Warna tadi otomatis akan menyesuaikan dengan value/shading yang sudah dibikin tadi. Kalo gambar dan nge-render-nya rapi, hasilnya bakalan bagus.


Kenapa pake solid color? Kadang kalo pake metode grayscale ini, warna yang udah kita pilih jadi keliatan berubah setelah diganti blendingmode-nya. Jadinya agak ga sesuai kayak yang diinginkan. Nah, makanya itu...kalo pake Solid Color warnanya bisa di adjust lagi sampe ketemu apa yang kita mau. Coba hari yang buruk juga bisa di adjust gitu ya. Hidup bakalan ga pernah ga berwarna.



6. Sekarang, tiba saatnya melakukan apa yang gue agak males bikinnya : background. Jangan tanya gue ini dimana, lagi ada acara apa, dan siapa itu yang lagi berduaan di sebelah kanan. Apakah si cowok adalah supir si cewek? Apakah si cewek adalah pacar si cowok? Ataukah dia seorang copet? Wallahu'alam. Gue cuma ngikutin foto aslinya.






7. Masih berkutat dengan background. Karena nantinya bakalan diblur, gambarnya gak perlu terlalu rapi atau detil-detil banget. *gaya...padahal emang udah dasarnya males bikin background*







8. Nah, biar si model lebih menonjol, blurnya sedikit gue naikin dibandingkan foto aslinya. *gaya...padahal biar bagian yang gak rapinya lebih ga keliatan*

Walaupun andaikata background foto aslinya ga ngeblur, 
bakalan gue blurin juga kayak kasus Artwork Ignored dulu :p



9. Tadaaa...Setelah ditambahin sedikit perbaikan (yang sebenernya ga keliatan-keliatan amat), maka dengan ini saya nyatakan artwork ini se-le-sai....walaupun sebenarnya ada beberapa enhancement lagi yang bisa dilakuin untuk membuat artwork ini semakin realistik. Tapi yaa...mau gimana lagi, sifat perfeksionis gue kalah telak dihajar sama sifat malas gue. Maklumlah, amatiran emang begitu...tekad dan semangatnya sangat rentan menghilang begitu saja (9.9)



Di foto aslinya sebenarnya baju dia ada motif polkadotnya gitu, warna-warni. Tapi biar lebih menunjukkan kesan anggun, jadinya gue bikin merah polos aja itu baju.
*gaya...padahal emang males bikin aja sih*


In case ada yang penasaran, ini perbandingan antara foto asli dan artwork gue :

Carilah 357 perbedaan pada kedua gambar di atas.



Iya-iya, gue ngakuuu..ga terlalu mirip, apalagi mukanya. Sengaja sih. Apa gunanya digambar ulang kalo 100% sama kayak foto aslinya. YA KAN? YA GAK?
*gaya...Padahal udah berusaha semaleman supaya mirip*


Mohon tidak dizoom-zoom dengan intense dan brutal. Artwork kali ini ga gue bikin sedetil The Priest ._.
dan untuk para suhu, mohon masukan dan mohon maaf atas segala kesotoyan dan kedhaifan saya. Terimakasih.


Oh iya, sebagai penutup,

PLIS, JANGAN REQUEST!

Biarkan gue menggambar apa yang ingin gue gambar dan kapanpun yang gue suka. Jangan suruh gue gambarin sesuatu yang berbau narsisme atau kepentingan pribadi misalnya kayak...gambarin wajah lo atau pacar lo di hari ulangtahunnya. Pacar gue aja ga pernah gue gambarin (yaa karena gue ga punya pacar sih). Baca : Don't make me hate to draw.

Iya, kita temen sih, tapi...tolong fungsikan otaknya hatinya dengan baik yaaa. Ga bermaksud sombong atau arogan atau sok keren atau sok kepedean atau sok-sokan gitu kok, bikin ginian ga sebentar. Yang perlu dicatat juga, gue bukan kapitalis. Untuk gue yang sekarang, waktu luang jauh lebih berharga daripada uang. Udah lama gue gak ke warkop tanpa bawa laptop.

Baiklah, mohon maaf kalo ada kata-kata yang salah, dan...terimakasih atas pengertiannya. Peace.

Yuk, ngopi santai... 


28 comments:

Venus Aretha 8/28/2014 6:00 AM  

...salah ngga sih kalo lebih suka artworknya daripada fotonya? #maafmbakyeny

Talenta lo itu emang kurang ajar banget. Sial.

HELLOYON 8/28/2014 9:32 AM  

.... *hening sejenak abis ngeliat perbandingan foto asli & artworknya*

YANG FOTO YANG MANAAAA?!!
hebat banget, sampe aku zoom2 lho.. :))
bikinnya pasti pake kesabaran & nunggu mood tinggi xD

ladycharinda 8/28/2014 12:20 PM  

keren ih

Zazuli 8/28/2014 1:53 PM  

@venus
Haha. Honestly gue juga

Ah. Lo sendiri kurang awesome apa cobaa 9.9

Zazuli 8/28/2014 1:58 PM  

@oyon
Aih..Udah dibilang jangan dizoom2, masih banyak kekurangan disana sini. Level gue mah masih jauh banget sama para master diluar sana.

Yup. Kesabaran, mood, dan waktu. Sialnya mereka yg suka ngerequest pada gamau tau. Udah mintanya gratisan, maksa pula. #pffft

@lady
Terimakasih :)

Abdul Jabbar Fathoni 8/29/2014 12:27 AM  

Bener banget. Nggak guna kalau 100% sama... Btw, bisa edit kayak gitu keren banget bang... SUER. Makan waktu lama itu pasti buat persiapannya doang ++ sama belajarnya...

Tayusani Yuza 8/29/2014 4:50 AM  

Gue cukup menikmati kemulusan wanita di dalam foto itu, nggak bisa di gambarkan dengan kata - kata #matabelo

Zazuli 8/29/2014 6:13 AM  

@abdul
Haha...kurang tepat kalo pake istilah edit, mungkin lebih cocoknya gambar. Tapi ini kan pake referensi. Kalo cuma modal imajinasi gue sesak juga disuruh bikin gini. Skill gue belum sejauh itu ._.

@tayusani
Hush. Temen gue itu. Orangnya kalo lagi ngamuk bahaya loh :))

priest 8/29/2014 4:52 PM  

Ini sebenernya simpel, tapi tetep aja kelihatannya susah. Secara gue gak ada bakat seninya, istilah-istilahnya susah buat di inget hehehe

Gue sih ngedit pake 360 aja absurd apalagi pake photoshop dan semacamnya, tapi ini keren deh mas bro...

Zazuli 8/29/2014 6:31 PM  

@priest
Haha. Setiap orang punya hobi masing-masing kan. Gue juga pake referensi kok yang ini.

Terimakasih sudah berkunjung :)

Siswanto Wahyu Bowo 8/29/2014 7:27 PM  

Buset ini keren banget. Kek asli gini. Salut ah!!

Zazuli 8/29/2014 7:49 PM  

@siswanto
Terimakasih bro :)

Abdul Jabbar Fathoni 8/30/2014 5:18 PM  

@Zazuli
Wah, lebih keren dan hebat lagi kalau bisa ngegambar macam itu. KEREN :)

Zazuli 8/30/2014 7:42 PM  

@abdul
Kuncinya itu berkaryalah secara konstan dan konsisten. #halah
*gue sendiri masih sering mood2-an*

Muhammad Rafi Fadly 8/31/2014 8:49 AM  

Anjritttt, keren abis.

Mirip sama yang asli, btw teach me mastah!!

Abdul Jabbar Fathoni 8/31/2014 9:54 AM  

@Zazuli
Okeh, boleh minta kuncinya? xD

Zazuli 8/31/2014 4:51 PM  

@Rafi
Haha. Gimana cara ajarinnya. Bingung juga

@abdul
Bokeh. Kuncinya dari Am G C. Gitu-gitu aja sampe abis lagu. #ngomongapague

Juju Onyols 9/01/2014 12:06 AM  

awesome banget :')

Anggita Bayu 9/01/2014 1:07 PM  

aduh om jazz emang gokil..

Zazuli 9/07/2014 3:54 PM  

@juju dan bayu
Thanks :)

Fadillah Nur A 9/07/2014 6:04 PM  

Eh seriusan, gue tadi kira itu foto hasil jepretan lo. Dan ternyata itu gambar. Kereeeeen!

Zazuli 9/09/2014 1:22 AM  

@fadillah
Makasih. Ya, itu gue gambar. Tapi make referensi foto aslinya ._.

dodot 9/10/2014 9:03 PM  

kirain backgroundnya pake foto asli, kayanya ribet bener bikin backgroundnya :| tapi kereen ih

Zazuli 9/11/2014 12:29 AM  

@dodot
Nah...itu kenapa gue benci background! Udah perjuanginnya capek...cuma jadi background.
Kayak nasib orang yang cintanya ga dianggap gitu. #apasih

Adi Pradana 11/25/2014 8:46 AM  

Wow keeren... makasih udah dikasih tutorialnya...

Zazuli 12/03/2014 11:45 AM  

@adi
Sebenarnya itu bukan tutorial kok. Itu lebih ke "How I did it" aja. Tapi gue seneng kalo ternyata ada yang menganggap itu bermanfaat :)

ijeverson com 12/14/2014 9:52 AM  

wiiii! it's cool, digital art man.
bisa vector nggak? mungkin gue mau minta diajarin kalau bisa :')

Putri Devina 2/28/2015 10:08 AM  

ih kereeen euy :D iyalah bikin gituan ga beres sehari :D

Post a Comment

About Me

My Photo
Zazuli
Banda Aceh, NAD, Indonesia
Salah satu spesies dominan otak kanan yang sedang berkuliah di jurusan yang salah, Teknik Sipil. Hobby begadang, punya ingatan yg buruk, melankolis, punya ketertarikan berlebihan terhadap musik akustik, dan benci matematika. Mencintai segala sesuatu yg berbau seni (ingat, 'yang berbau seni'. Bukan 'seni yang berbau'. Kalo itu air seni). dan... itu bener-bener ga ada hubungannya dengan kenapa gue males mandi.
View my complete profile
Powered by Blogger.