Artwork : Ignored



..there's nothing but the rain
No footsteps on the ground
I'm listening but there's no sound.

Isn't anyone trying to find me? 
Won't somebody come take me home?
Avril L - I'm With You



Pertama-tama, gue mau ngucapin mohon maaf lahir dan batin ya buat visitor blog ini. Entah itu visitor setia gue (tsaaah..kayak udah terkenal aja), atau malah visitor yang gak sengaja nyasar kesini pas lagi browsing "gadis SMA".
If you know what I mean.

Pokoknya, buat yang lagi baca ini sekarang, mohon maaf lahir dan batin...! :)
Enggak enggak! bukan formalitas kok!
Cuma basa-basi doang.
*plak


Oke.
Jadi begini, beberapa waktu yang lalu gue gabung di Art Blogger Indonesia, sebuah grup di fb dimana anggotanya adalah para blogger yang suka bikin artwork (doodle, fotografi, manipulasi foto, dsb). Setiap minggunya, admin ngasih tema gitu, jadi ntar member-membernya bikin artwork sesuai dengan tema dan stylenya masing-masing.

Nah, akhir juli kemaren, temanya adalah "Lagu mu, Karya mu". Langsunglah gue teringat sama konsep yang udah lama banget gue simpan di note hp gue : 

'Bikin Teddy Bear lagi galau.'

Yup. Seperti yang bisa lo liat sendiri, gambar ini adalah tentang Teddy Bear yang desperate bin galau abis. 
Tercampakkan, terabaikan, dan...terlupakan.
Ini terinspirasi dari kisah si Lotso yang di film Toy Story 3 dan petikan lirik lagu Avril yang diatas tadi. Jadi sama sekali gak ada hubungan dengan cerita kehidupan jomblo gue. Gak usah pikir yang macem-macem.

Tadinya ada yang kasih saran, 
"lagu nya diganti sama Kangen Band aja, jadi ntar Teddy Bear nya berponi gitu."
Langsung gue tolak muntah-muntah saran itu.

Ini gue bikin pake PHOTOSHOP + WACOM. (sengaja di bold dan diwarnain merah, biar kelihatan dan gak ada yang nanya lagi di comment. Pada males baca soalnya.)

Yang mau lihat prosesnya, silahkan pencet :

Intipin saya om, intip:


1. Bikin sketsa kasarnya dulu. Duh, jujur gue agak susah kalo udah main-main sama perspektif. Makanya gue bikin kotak-kotak gitu



2. Gue sempat bingung sebenernya gue mau bikin Teddy Bear atau mau bikin Danbo yang kepalanya mengecil akibat intensitas radiasi kegalauan yang terlalu tinggi? Makanya, Teddy Bearnya langsung gue bentuk sebelum gue berubah pikiran menggambar Danbo :p


3. Terus terus, gue warnain background sama Teddy Bearnya. Tadinya gue mau bikin backgroundnya di tengah kota gitu, tapi gue ganti jadi taman deh. Tapi terserah yang liat sih mau anggap backgroundnya lagi dimana. Mau di taman kek, kuburan, kamar mandi. Terserah


4. Di sini Teddy Bear sama backgroundnya pelan-pelan udah gue halusin. Udah gue tambahin texture kerikil juga


5. Lighting! Lighting memegang peranan penting untuk bikin suatu gambar lebih dramatis


6. Disini udah gue tambahin hujan. Teddy Bearnya juga udah sedikit nyatu sama lighting. Efek beceknya juga udah mulai terlihat. Tapi tapi....gue kok jadi males ya ngelanjutin detil backgroundnya? ADUH! GAWAT INI GAWAT!


7. Setelah berpikir keras gimana caranya mengatasi rasa males gue yang dateng tiba-tiba, akhirnya gue punya solusi : Bikin bokeh!
Bokeh itu istilah dalam dunia fotografi, diambil dari bhs.Jepang yang artinya 'blur'. Huahaha. Ini emang solusi paling tepat buat kalian yang males gambar background.
Pelajaran moralnya adalah, ga pa pa sih males, yang penting lo kreatif :p


8. Disini efek daripada bokeh tadi udah mulai terlihat. Efek bulu si Teddy juga. Gue tambahin airmata dikit biar galaunya lebih dapet :p


9. Mainin skin colornya dikit dan....TADAAAAA! Anyway, thanks buat kawan-kawan baik itu di dunia maya atau di dunia nyata yang udah kasih masukan :)



Iya iya...tau...Efek bokeh sama raindrop nya masih kurang natural, dan masih banyak lagi kekurangan disana sini.
Karena itu gue mohon kritikannya ya om, tante. 
***

See ya in the next post!


16 comments:

Juju Onyols - Sikonyols 8/10/2013 12:35 PM  

waw... amazing bro D
nice, artwork !

Reza Kurniawan 8/10/2013 6:14 PM  

step nya kumplit buat referensi ^ ^
efek bokehnya itu nggak nanggung-nanggung hahaha

Afrinaldi 8/10/2013 7:08 PM  

Ajib lah, keren seperti biasanya.. :D

Anonymous 8/11/2013 12:01 AM  

Wow kerenn bangettt. wah tolong ajari akuu suhuu.. *beri hormat* wahahaha.. :D

Zazuli 8/11/2013 1:06 AM  

Terimakasih untuk visit dan komentarnya :)

@jakur
jadi gak natural gitu ya? ._.

Zazuli 8/11/2013 1:59 AM  

@erick
Di google udah banyak tutorial digital painting dari yg bener-bener udah jago kok, gue masih gak ada apa-apanya bro

Khalid 8/11/2013 11:00 PM  

Aku bangga punya kawan kayak ko jess (y)

Yoko Bomb 8/12/2013 10:55 AM  

Coloringnya suka :3

rana musika 8/16/2013 2:50 PM  

ah, keren banget. galaunya dapet.


lagi flu nih, wastafel dimana yak? *buang ingus

Anonymous 9/09/2013 7:31 PM  

interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

Inge Lakawa 9/28/2013 1:58 AM  

bagus banget loh >.<

visit my blog ^_^
www.LuchLuchCraft.com
My online store ^_^
www.TokoLuchLuchCraft.biz

obat herbal penyakit 12/01/2013 3:22 PM  

mantap nih keren banget

toko penjual ace maxs 12/01/2013 3:23 PM  

yang kaya pencil itu bagus

Unknown 2/01/2014 5:44 PM  

Terima kasih banyak bro, setelah mengomentari blog saya, saya jadi mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan ditambah lagi ilmu mengenai artwork. Wah wah wah, salut bro... ! :)

Andi Muqsith 2/03/2014 9:48 PM  

oh my god! amazing!!!!, nice work!

Zazuli 2/06/2014 8:29 PM  

Terimakasih sudah berkunjung :)

Post a Comment

About Me

My Photo
Zazuli
Banda Aceh, NAD, Indonesia
Salah satu spesies dominan otak kanan yang sedang berkuliah di jurusan yang salah, Teknik Sipil. Hobby begadang, punya ingatan yg buruk, melankolis, punya ketertarikan berlebihan terhadap musik akustik, dan benci matematika. Mencintai segala sesuatu yg berbau seni (ingat, 'yang berbau seni'. Bukan 'seni yang berbau'. Kalo itu air seni). dan... itu bener-bener ga ada hubungannya dengan kenapa gue males mandi.
View my complete profile
Powered by Blogger.