Superman Is Dad!



Bokap pernah bikin surprise beliin gue keyboard baru, untuk gantiin keyboard lama gue yang udah busuk. Tapi keyboardnya itu keyboard buat dangdutan (kurang lebih itulah yang ditulis di kotaknya. Pokoknya memang untuk dangdut). Alahmaaak.... -_-"
Tapi karena gue ga mau kecewain bokap gue yang udah bela-belain nyari keyboard itu, gue mencoba untuk tetap bersikap 'wow-cool!-thanks-dad!'. Yaudahlah, gue terima aja walaupun faktanya gue ga suka sama keyboardnya. Lagian lumayan juga untuk buat jari gue ga kaku.

Waktu itu gue yang masih labil ga ngerti seberapa tulus niat bokap pas beliin itu. Ah...dasar durhaka -__-"
Katakanlah beberapa tahun lagi gue punya istri dan gue ga impotent, gue berharap anak gue ga ngikutin sifat jelek gue ini :D

***

Adik gue pernah ceritain sesuatu yang buat gue terharu. Konon, waktu bokap gue masih muda, lajang, belum buncit, dan belum ubanan, beliau hobby banget nembakin burung-burung liar dengan senapan angin (bisa dimaklumi, dulu belom ada pointblank). Hal ini terus berlangsung sampe beliau nikah. Terus pada 16 Juni 1992, Tuhan mencampakkan seorang bayi laki-laki yang imut ke bumi ini (gue, maksudnya) dan beliau pun menjadi seorang Ayah.

Ketika sedang berburu seperti biasa, bokap menyaksikan suatu peristiwa yang buat suasana jadi melo. Beliau ngeliat seekor burung yang baru bawa pulang makanan untuk anaknya. Bokap jadi kasian, kalo beliau nembakin burung itu anak-anaknya jadi ga bisa makan.


Gue yakin saat itu beliau merenungi dan memposisikan dirinya sebagai seekor burung. Dengan Aceh yang --waktu itu-- lagi masa konflik bukan ga mungkin beliau juga bernasib sama dengan burung-burung yang pernah diburunya : dikejar peluru; disandera; atau dibunuh. Mengingat hukum karma itu berlaku, lalu apa yang bakal terjadi sama gue? Tentunya bokap ga mau gue besar tanpa mengenal kasih sayang seorang ayah.
Siapa yang nanti jagain gue dan nyokap?
Siapa yang cariin gue cacing? (Semoga kalian ga lupa, kita lagi menganalogikan burung)
Siapa yang bakal ajarin gue bawa sepeda? (Iya memang, ga ada burung yang ngajarin anaknya  bawa sepeda. Tapi kira-kira kalo gue yang jadi Ayah, gue mikirnya gitu).

Sejak peristiwa itu, bokap memutuskan untuk 'pensiun' dari ritual tembak-menembak burung. Senapan angin tercintanya itupun dikasih ke temennya. Semua dilakukan karena beliau sayang sama gue.

Jujur, setelah adik gue ceritain ini gue lumayan-agak-sedikit merinding. Gue terharu, hati gue bergetar, terus nangis tersedu-sedu sampe jungkir balik (oke, yang ini bohong. Lagian gengsi juga nangis di depan anak kecil)

Gue baru berpikir, ternyata sebegitunya beliau mikirin nasib gue saking sayangnya beliau ke gue.
Terus apa yang dulu pernah gue lakuin untuk ngebalas jasa dan kasih sayang bokap gue? Nyolong duit diam-diam (mana ada nyolong terang-terangan) dari kantong celananya demi sebatang rokok? Bolos sekolah? Bentak-bentak ga jelas?

Betapa jahatnya gue waktu itu, ga mau tau perasaan bokap gue. Padahal beliau yang jadi pahlawan setiap kali nyokap lagi emosi ke gue, beliau yang ngasih uang jajan tambahan ke gue (secara diam-diam) karena nyokap gue emang pelit banget. Superman is Dad! :)

Gue bersyukur sampe gue di bangku kuliah seperti sekarang ini, gue masih dikasih kesempatan untuk menikmati kasih sayang kedua orangtua gue. Karena itu sekarang gue berusaha untuk ga nyakitin perasaan mereka lagi. Setidaknya itu hal yang paling mungkin gue lakuin, mengingat IP gue semester kemaren jeblok banget (semester ini gimana ya?).

Ironis. Kenapa gue baru sadar di saat sekarang gue jauh dari mereka ya? Seandainya gue sadar dari dulu, kemungkinan besar uang jajan gue jauh lebih banyak dari yang sekarang :p


"He didn't tell me how to live; he lived, and let me watch him do it."
~Clarence Budington Kelland


2 comments:

rana musika 11/14/2011 10:47 PM  

Hey man,

after reading this post I know that you have different personalities #salah kesimpulan.

great story :'>

Zazuli 11/15/2011 12:59 PM  

apa hubungannya dengan personality? --a

thanks, btw :)

Post a Comment

About Me

My Photo
Zazuli
Banda Aceh, NAD, Indonesia
Salah satu spesies dominan otak kanan yang sedang berkuliah di jurusan yang salah, Teknik Sipil. Hobby begadang, punya ingatan yg buruk, melankolis, punya ketertarikan berlebihan terhadap musik akustik, dan benci matematika. Mencintai segala sesuatu yg berbau seni (ingat, 'yang berbau seni'. Bukan 'seni yang berbau'. Kalo itu air seni). dan... itu bener-bener ga ada hubungannya dengan kenapa gue males mandi.
View my complete profile
Powered by Blogger.